Cara Bermain Ps 1 Pada PC

Sandynet Sandynet

Bermain Play station (baca: pley steysyen) sungguh mengasyikkan, bisa lupa segalanya kalau sudah duduk di depan tv sambil pegang joystick. Namun tidak bisa semua orang dapat melakukan hal itu karena untuk memainkan play station ini memerlukan perangkat diantaranya tv , player play station untuk menjalankannya dan juga joystick yang notabene mahal menurut pendapat orang kebanyakan termasuk saya. 
sebenarnya play station tidak hanya dimainkan di player saja tapi dapat pula dimainkan di komputer. Untuk dapat memainkan play station di komputer diperlukan software untuk menjalankannya. Program itu dinamakan emulator ePSXe. Bagi yang mau mencoba bisa mendownload secara gratis disini.

Baiklah saya jelaskan dulu cara nginstal ePSXe 170 di komputer. Versi yg saya gunakan adalah ePSXe versi 1.7
Setelah selesai mendownload, extract dulu dengan winRAR di mana saja. Lalu akan muncul folder ePSXe 170. Jalankan programnya yg ber-icon joystik PS. (lihat gambar cara install ePSXe di bawah ini) :


Kemudian akan muncul jendela programnya. Klik config, dan pilih wizard guide. (lihat gambar cara install ePSXe di bawah ini) :


Klik config>> dan next>> sampai tombol done. Bila tidak ada pesan error massage yang muncul maka plugin sudah siap. Bila mau mensetting plugin, misalnya mengubah ukuran layar fullscreen atau window atau setting sound dan lainnya tinggal pilih config dan pilih yang mau diubah.
ekarang waktunya memulai game. Ada dua cara untuk memainkan game playstation ke dalam program ini, yaitu dengan memasukkan keping cd nya ke diskdrive atau dengan menjalankan file bertipe iso.
Jika anda mempunyai cd gamenya, masukkan ke dalam diskdrive. Jangan lupa mensetting Plugin cdrom-nya dulu. Pilih config, klik cdrom, klik configure, lalu ganti “select cdrom letter” dengan diskdrive tempat anda memasukkan CD. Jika anda hanya punya satu cdrom pilih saja Firstcdrom. Jika lebih dari satu lebih baik sesuaikan letternya (pilihan firstcdrom mungkin bisa dipakai). Klik ok. (lihat gambar cara install ePSXe di bawah ini) :


Sekarang pilih File > klik Run CDRom. Tunggu sampai gambar keluar pada jendela yang terbuka.
Default settingan  yg saya buat yaitu:
  • bios : scph 1001 USA
  • Video : Pete’s D3D Driver (fullscreen, 800×600, 16bit, texture : don’t care, auto detect FPS)
  • Sound : Pete’s MIDAS Audio Driver (Mixrate 44100, 16 bit stereo).
  • CDrom : ePSXe CDR WNT/W2k Core .
  • Joystick : scph-1080 digital (jika pakai keyboard lihat/ubah tombolnya di config > Game Pad).
  • Memory Cards : Slot 1 (epsxe000.mcr ), slot 2 (epsxe001.mcr).
  • Hasilnya standar PSX biasa.
epsxe ini adalah emulator yg hampir kompatibel dengan seluruh game PSX. Banyak yang sudah mencoba beberapa game yg dapat dimainkan : FF IX (usa), Harvest Moon BTN, Rainbow six, digimon2-3, winning eleven, FF origins, civillization, FFTactic, saiyuuki, sim city, sim hospital dan sim theme park.
cukup sekian dulu tutorialnya semoga bermanfaat bagi para pembaca semua.



Artikel Terkait:

{ 3 komentar... read them below or add one }

WILDAN mengatakan...

TRIMAKASIH MAS SANDI INFONYA

Sandynet mengatakan...

Sama2 Gan..

Anonim mengatakan...

ak pke joystik kok ga bisa,,,,
ud setting di config tetep ja ga bisa,,,,
mohon pencerahannya,,,,thx

Posting Komentar